Sejarah singkat

SEJARAH SINGKAT IAD

Ikatan Adhyaksa Dharmakarini, telah dibentuk sejak tahun 2000 berdasarkan Keputusan Rapat Kerja Nasional Garis Konsultasi Istri Pegawai Kejaksaan Agung dengan Istri Kepala Kejaksaan Tinggi Se-Indonesia Nomor 06/GK/Kejagung/VI/2000, tanggal 14 Juni 2000 tentang Adhyaksa Dharmakarini.

Bahwa keberadaan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini telah dikukkuhkan oleh Jaksa Agung Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia, Tanggal 28 November 2007, Nomor: KEP-124/A/JA/11/2007 tentang Pengukuhan Organisasi Adhyaksa Dharmakarini Kejaksaan Republik Indonesia.

Bahwa Ikatan Adhyaksa Dharmakarini adalah suatu ikatan istri pegawai Kejaksaan, pegawai perempuan Kejaksaan, istri pensiunan pegawai Kejaksaan, pensiunan pegawai perempuan Kejaksaan, dan janda pegawai Kejaksaa, yang mandiri, non politik dan tidak terkait dengan organisasi politik manapun, mempunyai maksud dan tujuan di bidang Kemanusiaan, Sosial Budaya, Ekonomi dan Pendidikan.

Bahwa Ikatan Adhyaksa Dharmakarini diperlukan keberadaannya untuk membantu pemerintah Indonesia pada umumnya dan keluarga Kejaksaan pada khususnya yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cerdas, terampil, dan menjunjung tinggi harkat dan martabat serta keluhuran bangsa dan budaya Indonesia, dan seiring dengan perkembangan jaman serta semakin banyaknya jumlah anggota , sehingga ikatan Adhyaksa Dharmakarini harus dikelola secara professional.

Bahwa untuk membantu terwujudnya usaha tersebut diperlukan suatu wadah ikatan berbentuk badan hokum, sehingga menjadi suatu ikatan yang bersatu padu, berwibawa, dan mampu melaksanakan tugas pengabdian dan pelayanannya terhadap masyarakat Indonesia khususnya keluarga Kejaksaan.

Bahwa pada tanggal 11 sampai dengan tanggal 13 Desember 2007, di Cianjur, Jawa Barat, telah diadakan Rapat Kerja Nasional Luar Biasa Anggota Ikatan, tentang Perubahan Anggaran Dasar, Perubahan Anggaran rumah Tangga dan Peningkatan Status Hukum Adhyaksa Dharmakarini menjadi ikatan berbadan hukum dengan nama ikatan Adhyaksa Dharmakarini.

Bahwa berdasarkan Berita Acara Rapat Kerja Nasional Luar Biasa tanggal13 Desember 2007, di Cianjur, Jawa Barat, tentang Perubahan Anggaran Dasar, Anggaran rumah Tangga dan Peningkatan Status Hukum Adhyaksa Dharmakarini menjadi ikatan yang berbadan hukum dengan nama Ikatan Adhyaksa Dharmakarini yang disingkat “ I A D”.

Keinginan tersebut tidaklah muncul secara tiba-tiba, tapi melalui banyak pembahasan, pertimbangan dan termasuk juga meminta saran kepada sesepuh. Setelah berdiskusi panjang lebar akhirnya dibentuklah sebuah panitia kecil yang terdiri dari 16 orang yang dipimpin oleh Ibu Syahmardan Lubis yang mempersiapkan Rancangan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Adhyaksa Dharmakarini.

Bersamaan dengan Rapat Kerja Kejaksaan Tahun 2000, Ibu-ibu Keluarga Besar Kejaksaan Agung mengadakan acara Pertemuan Garis Konsultasi dengan para Istri Kepala Kejaksaan Tinggi seluruh Indonesia dengan agenda khusus yaitu membahas aspirasi dari daerah-daerah yang intinya mengharapkan adanya organisasi istri di lingkungan Kejaksaaan yang mandiri guna menunjang tugas suami maupun berperas serta dalam menyumbangkan pemikiran demi persatuan dan kesatuan serta kesejahteraan Keluarga Besar Adhyaksa.

Dengan kesepakatan bersama dan secara aklamasi peserta yang hadir menyetujui gagasan untuk berdirinya Adhyaksa Dharmakarini. Dan pertemuan Garis Konsultasi tersebut berubah menjadi ‘Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Adhyaksa Dharmakarini’ untuk mewujudkan kehidupan organisasi yang lebih demokratis, mandiri dan untuk lebih meningkatkan kinerja organisasi.

Pada tanggal 14 Juni 2000, Rakernas Adhyaksa Dharmakarini telah dapat menetapkan dan mengesahkan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Adhyaksa Dharmakarini.

Dan menetapkan Tanggal 21 Juli 2000 sebagai HARI LAHIRNYA ADHYAKSA DHARMAKARINI.